Tuesday, June 18, 2024
spot_img
HomePolitik & DemokrasiTahapan Pemilu 2024 Resmi Dimulai, Lasut: KPU Tomohon Sangat Siap

Tahapan Pemilu 2024 Resmi Dimulai, Lasut: KPU Tomohon Sangat Siap

Penulis: Sian Langi

TOMOHON – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Tomohon mengikuti secara virtual, launching tahapan Pemilu 2024 secara resmi, di aula kantor KPU Kota Tomohon, Selasa (14/6/2022) malam.

Sejumlah pejabat Pemkot Tomohon, stakeholder dan sejumlah pimpinan partai politik terlihat hadir dalam kegiatan tersebut.

Ketua KPU Kota Tomohon, Drs. Harryanto Lasut, M.A.P., saat diwawancarai selesai kegiatan mengatakan, ini adalah tahap awal di mana sudah ditetapkan hari ‘H’ pemungutan suara pada tanggal 14 Februari tahun 2024. Keputusan ini sudah sesuai ketentuan peraturan perundang-undangan yang ada.

Undang-Undang Nomor 7 Tahun 2017 tentang Pemilihan Umum dan juga Undang-Undang Nomor 10 Tahun 2016 tentang Penetapan Peraturan Pemerintah Pengganti Undang-Undang Nomor 1 Tahun 2014 Tentang Pemilihan Gubernur, Bupati, dan Walikota, Undang-Undang Nomor 7 Tahun 2017 tentang Pemilihan Umum dan juga Undang-Undang Nomor 10 Tahun 2016 tentang Penetapan Peraturan Pemerintah Pengganti Undang-Undang Nomor 1 Tahun 2014 Tentang Pemilihan Gubernur, Bupati, dan Walikota.

“Setelah hari H penetapan, 20 bulan ke belakang itu harus dilakukan tahapan, bertepatan pada tanggal 14 Juni pada hari ini,” ucap Lasut.

Maka dari itu KPU Republik Indonesia melaksanakan launching tahapan awal dari pelaksanaan Pemilu Presiden dan Pemilu Legislatif serta pemilihan Kepala Daerah di tahun 2024.

“Pemilihan legislatif dilaksanakan pada 14 Februari tahun 2024, sedangkan untuk pemilihan kepala daerah serentak pada bulan November 2024,” jelas Lasut.

Tahapan-tahapan yang akan kita lakukan tentunya sesuai dengan peraturan KPU yang baru keluar yaitu Per-KPU nomor 3 Tahun 2022.

“Tahapan awal itu verifikasi partai politik, dilanjutkan dengan tahapan-tahapan selanjutnya,” kata Lasut.

“Kalau pendaftaran parpol di KPU RI. Mereka akan masuk di sistem informasi partai politik,” sambungnya.

Sementara, KPU Tomohon akan melakukan verifikasi partai politik itu di bulan Agustus.

Foto ist: Ketua KPU Tomohon, Harryanto Lasut saat diwawancarai usai kegiatan.

Lasut menambahkan, kesiapan dari KPU Tomohon untuk Pemilu 2024.

“Ya, tentunya torang menyiapkan sumber daya manusia dulu. Kesiapan kita sudah siap, sangat siap untuk mengawal pelaksanaan pemilihan umum di tahun 2024,” jelas Lasut.

Lanjutnya, komisioner akan didukung oleh staf sekretariat yang ada di Komisi Pemilihan Umum.

Pada kesempatan ini Lasut berharap dukungan dari semua kalangan.

“Saya memohon kepada masyarakat, khususnya masyarakat kota Tomohon, pemerintah dan stakeholder lainnya untuk mendukung dan terutama teman-teman media adalah lembaga mitra kerja dari KPU,” pungkasnya. (*/Sian)

RELATED ARTICLES

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -spot_img

Most Popular

Recent Comments