Friday, July 26, 2024
spot_img
HomePolitik & DemokrasiSeriusi Sampah di Laut, DPRD Sulut Nilai Penting Libatkan TNI dan Polri

Seriusi Sampah di Laut, DPRD Sulut Nilai Penting Libatkan TNI dan Polri

Penulis: Filo Karundeng

Manado – Proses pembahasan Rancangan Peraturan Daerah (Ranperda) Sampah Plastik terus berlanjut. Permasalahan di wilayah laut ikut dibidik. Panitia Khusus (Pansus) pun melibatkan pihak Tentara Nasional Indonesia (TNI) dan Kepolisian Republik Indonesia (Polri).

Penegasan ini disampaikan Ketua Pansus Ranperda Pengendalian Sampah Plastik, Fabian Kaloh, menanggapi persoalan tersebut. Dirinya mengungkapkan, pihaknya telah menaruh perhatian juga persoalan sampah plastik di laut.

“Jadi kita juga melibatkan TNI-Polri. Karena mereka juga menangani masalah di laut yaitu TNI Angkatan Laut dan Polair,” kata Kaloh, di ruang kerjanya, Selasa (10/08/2021).

Ia mengungkapkan, sangat penting untuk melibatkan mereka dalam pembahasan tentang Ranperda Pengendalian Sampah Plastik. Hal itu karena TNI-Polri yang mengetahui jelas persoalan di lautan.

“Kenapa aparat di laut kita libatkan karena mereka yang tahu kondisi di laut,” tutur politisi Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) ini.

Ia mengatakan, ada kapal-kapal yang kerap membuang sampah di laut. Ini penting agar jangan sampai usai pembahasan, wilayah laut tidak disentil.

“Takutnya ketika perda (peraturan daerah) ini keluar, tidak mengatur sampah plastik di laut, untuk itu kita membutuhkan masukkan. Perlu bertanya kepada mereka apa yang mereka tahu terkait persoalan sampah yang ada di laut,” tandasnya. (Son)

RELATED ARTICLES

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -spot_img

Most Popular

Recent Comments