Friday, July 12, 2024
spot_img
HomePolitik & DemokrasiKetua KPU Tomohon Hadiri Rakor Kesiapan Penyelenggaraan Pilkada Serentak 2024

Ketua KPU Tomohon Hadiri Rakor Kesiapan Penyelenggaraan Pilkada Serentak 2024

MAKASSAR – Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Tomohon, Albertien G. V. Pijoh menghadiri kegiatan Rapat Koordinasi Kesiapan Penyelenggaraan Pilkada Serentak Tahun 2024 Gelombang II untuk Wilayah Kalimantan, Sulawesi dan Maluku, yang diselenggarakan oleh Kementerian Koordinator Bidang Politik, Hukum dan Keamanan (Kemenpolhukam) Republik Indonesia di Makassar, Rabu (26/06/2024).

Menkopolhukam Hadi Tjahjanto membuka acara sekaligus sebagai Keynote Speaker. Dan pembicara lainnya, Mendagri Tito Karnavian, Ketua Bawaslu Rahmat Bagja, Kabaharkam Polri Komjen Pol M. Fadil Imran dan Pangkogadwilham Marsdya TNI M. Khairil Lubis.

Ketua KPU Hasyim Asy’ari sebagai salah satu pembicara menyampaikan beberapa hal penting yang perlu mendapat perhatian, yakni KPU selaku penanggungjawab akhir penyelenggaraan pilkada, meski pada praktiknya pilkada dilaksanakan oleh KPU provinsi dan KPU kab/kota di setiap daerah.

Selanjutnya Hasyim menyampaikan progres tahapan pilkada, KPU tengah melakukan dua tahapan, pencalonan dan pemutakhiran data pemilih. Di mana untuk hasil pemutakhiran data pemilih akan berkorelasi pada penentuan produksi logistik surat suara pilkada.

Sedangkan untuk peserta rakor adalah kepala daerah provinsi dan kabko, ketua KPU provinsi dan KPU kabupaten/kota, ketua Bawaslu, TNI, POLRI, Kejaksaan, tokoh masyarakat dan media.

Dari Kota Tomohon selain Ketua KPU Kota Tomohon turut hadir Dandim 1302 Minahasa Letkol Inf Mutakbir, Kapolres Tomohon, AKBP Lerry Tutu, SIK., M.M., Kejari Tomohon Alfonsius G. L. Mau, S.H., M.H., Wali Kota Tomohon yang diwakili Assisten 1, O. D. S. Mandagi dan Ketua Bawaslu Tomohon, Stenly J. Kowaas.

RELATED ARTICLES

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -spot_img

Most Popular

Recent Comments