Friday, July 26, 2024
spot_img
HomePemerintahanPemkot Tomohon Fokus Kembangkan Koperasi Sektor Rill

Pemkot Tomohon Fokus Kembangkan Koperasi Sektor Rill

TOMOHON – Kegiatan Bimbingan Teknis Perkoperasian bagi Pengurus, Pengawas dan Anggota Koperasi di Kota Tomohon, Bertempat di Hotel Wise Kelurahan Kamasi, Selasa (1/8/2023).

Wali Kota Tomohon, Caroll Senduk melalui Asisten Perekonomian dan Pembangunan setda Kota Tomohon Dra. Lily Solang, M.M mengatakan.

Pemerintah saat ini fokus pada pengembangan koperasi sector Riil guna membangun ekonomi anggota dan masyarakat yang lebih luas.

Dari sisi peluang, koperasi sector Riil ini juga memiliki banyak potensi mulai dari pertanian, peternakan, perikanan, perdagangan, jasa, pariwisata dan masih banyak macam usaha lainnya.

Setiap wilayah, Kota/ Kabupaten di Indonesia pasti memiliki potensi unggulan: Komoditas, kerajinan, destinasi wisata atau lainnya.

Koperasi sector Rill harus jadi pemain utama dalam potensi unggulan tersebut.

Tujuannya agar manfaat dan nilai tambah yang di hasilkan dapat sebesar-besarnya terdistribusi kembali ke anggota dan masyarakat di wilayah tersebut.

Sebagai contoh di Sulawesi Utara Kemenkop UKM RI tengah mengembangkan Factory Sharing di Kabupaten Minahasa Selatan berupa pemanfaatan produk Kelapa yang diubah menjadi minyak, sabut dan tempurung.

Komoditas unggulan di wilayah lain harus dikembangkan dengan cara demikian

Koperasi bekerja di hulu dan hilir, sehingga nilai tambah tinggi dan manfaat ke anggota meningkat. Diharapkan juga gerakan koperasi di Kota Tomohon mampu untuk mengembangkan potensi Sumber Daya Alam (SDA) yang ada.

Sebagai narasumber Kepala Bidang Kelembagaan Dinas Koperasi dan UKM daerah Provinsi Sulawesi Utara Clara Polii SE MSi.

Diikuti oleh Kepala Dinas Koperasi dan UKM daerah Kota Tomohon Nova Rompas, dan para peserta bimtek. 

RELATED ARTICLES

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -spot_img

Most Popular

Recent Comments