Friday, July 26, 2024
spot_img
HomeLingkungan & KesehatanWali Kota Tomohon Sambangi Kementerian PUPR, Bahas Soal Pengelolaan Sumber Daya Air

Wali Kota Tomohon Sambangi Kementerian PUPR, Bahas Soal Pengelolaan Sumber Daya Air

JAKARTA – Wali Kota Tomohon, Caroll J. A. Senduk, S.H didampingi Sekretaris Daerah, Edwin Roring, S.E., M.E, melaksanakan konsultasi ke Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Republik Indonesia pada hari Rabu (13/03/2024).

Wali Kota Tomohon diterima oleh Direktur Jenderal (Dirjen) Sumber Daya Air Kementerian PUPR, Bob Lombogia.

Dalam paparannya Dirjen Bob yang merupakan putra daerah Tomohon yang saat ini sebagai pejabat eselon 1 a di Kementerian PUPR, mengharapkan kiranya Kota Tomohon dapat menjadi pilot project kebijakan pengelolaan sumber daya air dalam rangka mengendalikan banjir yakni Zero Delta Q policy atau kebijakan selisih debit nol.

“Dimana setiap pembangunan infrastruktur terutama perumahan dan pembangunan kawasan wisata di kaki gunung Lokon & Mahawu, agar tidak mengakibatkan terjadinya penambahan air di saluran drainase dan badan sungai, setiap air yang bertambah harus ditampung atau diendapkan ke tanah dengan menyediakan biopori/sumur resapan yang berfungsi ganda termasuk untuk konservasi air,” ujar Lombogia.

Pada kesempatan yang sama Wali Kota Tomohon menyampaikan kiranya sinergitas yang telah terbangun dengan pemerintah pusat dalam hal ini Kemen PUPR dapat terus ditingkatkan.

“Kementerian PUPR dalam membantu pemerintah kota Tomohon dalam menyiapkan infrastruktur yang sangat dibutuhkan untuk peningkatan kesejahteraan rakyat kota Tomohon,” ungkap Senduk.

Kesempatan tersebut, Wali Kota juga menyerahkan usulan proposal kegiatan untuk penataan kawasan danau Linau, danau pangolombian, penyediaan air baku, normalisasi sungai-sungai, pembangunan checkdam, peningkatan jaringan irigasi untuk mendukung ketahanan pangan, penyediaan sumur-sumur bor untuk kebutuhan air bagi pertanian.

Wali Kota menyampaikan banyak terima kasih ada sinergitas & bantuan-bantuan yang diterima oleh pemerintah kota Tomohon.

Turut hadir bersama Wali Kota dalam konsultasi ini, Plt. Kadis PU Kota Tomohon, Royke Tangkawarouw, S.T dan Staf khusus Wali Kota, Kakaskasen Roeroe serta sejumlah pejabat Pemkot Tomohon.

RELATED ARTICLES
- Advertisment -spot_img

Most Popular

Recent Comments