Friday, July 26, 2024
spot_img
HomePemerintahanMusrembang RKPD Tomohon Tahun 2025, Senduk Beberkan Program Prioritas Pembangunan

Musrembang RKPD Tomohon Tahun 2025, Senduk Beberkan Program Prioritas Pembangunan

TOMOHON – Wali Kota Tomohon, Caroll J. A. Senduk, S.H membuka kegiatan Musrembang Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) Kota Tomohon Tahun 2025, Bertempat di Welu Woloan, Kecamatan Tomohon Barat. Jumat (22/03/2024) .

Dalam sambutannya Wali Kota Tomohon mengatakan penyelenggaraan musrenbang RKPD saat ini, merupakan salah satu tahapan dalam rangka penyusunan rencana kerja pemerintah daerah Kota Tomohon tahun 2025 dimana kita akan memasuki tahapan pematangan rancangan RKPD dengan menyelaraskan substansi rancangan rencana kerja (RENJA) masing-masing perangkat daerah berdasarkan hasil forum lintas perangkat daerah.

“Rencana program dan kegiatan yang akan termuat dalam dokumen RKPD nantinya harus bersinergi dengan tema, sasaran prioritas, rencana program aksi pembangunan yang disepakati, serta memperhatikan berbagai pokok pikiran dari stakeholder / pemangku kepentingan. Yang tentunya harus sinkron dengan tema serta program priotas pembangunan nasional dan provinsi Sulawesi Utara,” ucap Senduk.

Lanjutnya, maka dengan mempertimbangkan hal tersebut, telah dirancang tema pembangunan kota Tomohon tahun 2025 yaitu: “Memperkuat Ketahanan Ekonomi, Peningkatan SDM berkualitas dan Berdaya Saing Menuju Kota Tomohon sebagai Kota Wisata berkelanjutan”. dengan program prioritas pembangunan sebagai berikut :
1. Pembangunan yang berwawasan lingkungan dan berkelanjutan;
2. Penanggulangan kemiskinan dan pengangguran;
3. Peningkatan produktivitas pertanian dan pariwisata;
4. Peningkatan daya saing ekonomi dan investasi daerah;
5. Stabilitas daerah yang terjamin;
6. Penguatan kapasitas sdm;
7. Peningkatan kualitas tata kelola, Tomohon smart city dan pelayanan publik;
8. Pembangunan infrastruktur dan konektivitas.

Masyarakat, pemerintah, dan swasta merupakan elemen penting dalam merumuskan kebijakan pembangunan yang tepat sasaran. Oleh karena itu, dibutuhkan aspirasi-aspirasi dari para pemangku kepentingan sebagai variabel dalam penetapan program prioritas pembangunan yang berorientasi pada pemenuhan dan pemerataan hak-hak dasar masyarakat yang berkeadilan dan berkesinambungan untuk dituangkan dalam rancangan RKPD Kota Tomohon tahun 2025 sebagai bentuk korelasi antara substansi RKPD dengan kerangka pendanaan.

Maka dukungan partisipasi sumber daya masyarakat dan sumber pendanaan lainnya adalah elemen penting yang harus diupayakan untuk mendukung pembiayaan pembangunan, disamping pembiayaan yang bersumber dari APBN dan APBD provinsi Sulawesi Utara.

Pelaksanaan proses sinkronisasi program dan pendanaan melalui musrenbang kota ini diharapkan akan terbangun struktur perencanaan penganggaran yang mampu merealisasikan solusi terhadap permasalahan-permasalahan yang dihadapi pemerintah daerah Kota Tomohon.

Senduk pun mengungkapkan harapan, nantinya agar apa yang kita hasilkan, putuskan dan sepakati pada acara musrenbang ini benar-benar dijabarkan dalam rencana kerja perangkat daerah dan penyusunan rencana kerja anggaran (RKA) perangkat daerah.

“Agar pada saatnya kita akan menghasilkan anggaran pendapatan dan belanja daerah (APBD) pada tahun depan yang semakin capable mengakumulasi berbagai kebutuhan pembangunan daerah dan kualitasnya semakin baik dari tahun ke tahun yang juga tentunya disesuaikan dengan situasi dan kondisi yang terjadi saat ini, ” harap Senduk.

“Kami optimis bahwa perangkat daerah terkait juga akan semakin mampu melaksanakan program dan kegiatan yang berbasis pada optimalisasi output dan outcome serta dibarengi dengan realisasi anggaran yang akuntabel,” ungkapnya.

Kesempatan tersebut Senduk pun menghimbau agar program dan kegiatan yang akan kita laksanakan, terutama secara teknis harus bersentuhan langsung dengan masyarakat.

“Kami berpesan agar dalam acara musrenbang RKPD ini diharapkan dapat menjadi media interaktif bagi segenap pemangku kepentingan untuk menetapkan kegiatan serta rekomendasi kebijakan guna mendukung implementasi program dan kegiatan tahun anggaran 2025, yang nantinta juga akan dituangkan dalam berita acara kesepakatan musrenbang, sehingga menghasilkan sesuatu yang bermanfaat dalam upaya kita membangun dan menata Kota Tomohon ke depan,” pungkasnya.

Dilanjutkan dengan penyerahan Penghargaan Pelaksana Musrembang dan Forum Perangkat Daerah Terbaik tahun 2024 oleh Wali Kota Tomohon.

Dihadiri oleh mewakili Kapolres Tomohon, Wakapolres Tomohon, Kompol. Parura Amping, mewakili Kajari Tomohon Kepala Seksi Barang Bukti dan Barang Rampasan, Tri Yudha Wardana Fahmi, S.H., M.H, Ketua Pengadilan Negeri Tondano, Dr. Erenst Jannes Ulaen, S.H., M.H, Korwil BIN Kota Tomohon, Letkol. Ahmad Firgaus, mewakili Dandim 1302 Minahasa, Danramil Tomohon, Kapten. Armed Zadrak Charles Sonlay, mewakili Kepala Bappeda Provinsi Sulut, Sekretaris Bappeda, Drs. James Kewas, M.Si, Kepala Bapelitbangda Kota Tomohon, Jeklin Mareyke Mangulu, S.P., M.Si.

RELATED ARTICLES
- Advertisment -spot_img

Most Popular

Recent Comments