Friday, July 26, 2024
spot_img
HomePemerintahanPemkot Tomohon Gelar Bimtek Audit Kinerja Tahun 2024

Pemkot Tomohon Gelar Bimtek Audit Kinerja Tahun 2024

TOMOHON – Pemerintah Kota (Pemkot) Tomohon menggelar Bimbingan Teknis Audit Kinerja Bidang Kependudukan dan Catatan Sipil dan Bidang Perizinan tahun 2024. Bertempat di Mercure Manado Tateli Beach Resort. Senin (13/05/2024).

Wali Kota Tomohon, Caroll J. A. Senduk, S.H., dalam sambutannya mengatakan, dalam rangka mewujudkan Good Governance (tata kelola pemerintah yang baik) serta mendorong adanya peningkatan pelayanan kepada masyarakat, maka fungsi pegawasan memegang peranan yang sangat penting dan strategis.

“Dengan pengawasan yang lebih efektif diharapkan penyelenggaraan pemerintahan, kemasyarakatan dan pembangunan akan berjalan lebih efektif dan efisien sehingga kepercayaan masyarakat terhadap pemerintah semakin meningkat,” ujar Senduk.

“Selaku Pemerintah Kota Tomohon, pembinaan dan pengawasan sangat diperlukan untuk mendayagunakan Aparatur Sipil Negara dalam melaksanakan tugas-tugas umum Pemerintah Daerah dan pembangunan daerah untuk terwujudnya Visi dan Misi kepala daerah,” tegasnya.

Selanjutnya, audit kinerja merupakan salah satu kegiatan yang dilakukan oleh APIP dalam rangka pembinaan dan pengawasan kepada perangkat daerah.

Melalui kegiatan audit kinerja ini, APIP akan meningkatkan kompetensi dalam memberikan keyakinan memadai atas aspek 3E (Ekonomis, Efektivitas, Efisiensi), memberikan peringatan dini dan meningkatkan efktivitas manajemen risiko, serta memelihara dan meningkatkan kualitas tata kelola Pemerintah.

“Bidang Kependudukan dan Catatan Sipil dan Bidang Perizinan merupakan bidang yang bersentuhan langsung dengan pelayanan publik, oleh karena itu diperlukan audit kinerja bagi bidang tersebut agar dapat menilai kepatuhan suatu program/kegiatan terhadap peraturan terkait dan dapat menilai apakah suatu fungsi/program/kegiatan telah dilaksanakan secara efisien, efektif, dan ekonomis. Sehingga dapat memberi kontribusi bagi pembangunan di kota Tomohon terutama pada sektor pelayanan publik,” jelasnya.

Ditambahkan, Tahun 2023, Inspektorat Daerah Kota Tomohon telah mencapai level 3 pada penilaian kapabilitas APIP dan maturitas SPIP atas penilaian badan pengawasan keuangan dan pembangunan Republik Indonesia.

“Pada kesempatan ini saya mengharapkan sebagai Aparatur Sipil Negara yang mengemban tugas dalam pembinaan dan pengawasan kepada perangkat Daerah, jangan cepat berpuas diri dengan berbagai capaian prestasi yang telah diraih, melainkan dengan semangat baru kita bersama- sama mempertahankan bahkan meningkatkan kinerja dan prestasi,” ungkap Senduk.

“Saya mengajak kepada kita semua, mari dengan upaya kerja keras, kerja cerdas dan kerja tuntas, dengan cara kerja bersama dan bersama bekerja untuk Tomohon Hebat dengan bersinergi antara Pemerintah Kota Tomohon, Pemerintah Provinsi Sulawesi Utara serta Pemerintah pusat,” tandasnya.

Wali Kota Tomohon membuka kegiatan tersebut secara resmi.

Dihadiri oleh, Sekretaris Daerah kota Tomohon, Edwin Roring, S.E., M.E., Mewakili Kepala Perwakilan BPKP Provinsi Sulawesi Utara, Agus Hendraningrat Selaku Auditor Ahli Madya, Bersama Tim, Para Asisten Sekretaris Daerah kota Tomohon, Inspektur Daerah kota Tomohon, Jeane Bolang, S.H., M.H., Jajaran Pemerintah kota Tomohon, Para Peserta Bimtek.

RELATED ARTICLES

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -spot_img

Most Popular

Recent Comments