Saturday, July 13, 2024
spot_img
HomeLingkungan & KesehatanWali Kota Senduk Komitmen dan Serius Tangani Persoalan Stunting di Tomohon

Wali Kota Senduk Komitmen dan Serius Tangani Persoalan Stunting di Tomohon

TOMOHON – Keseriusan Pemerintah Kota (Pemkot) Tomohon terhadap penanganan dan pencegahan stunting terus dilakukan, diantaranya Gerakan Intervensi Serentak Pencegahan Stunting Kota Tomohon, sekaligus Launching Aplikasi Mapalus, Kamis (20/6/2024) di BPU Kantor Kelurahan Kakaskasen Dua Kecamatan Tomohon Utara.

Wali Kota Tomohon, Caroll Joram Azarias Senduk, S.H mengatakan salah satu bentuk komitmen pemerintah untuk mempercepat penurunan stunting, telah diterbitkan Peraturan Presiden RI Nomor 72 tahun 2021 tentang Percepatan Penurunan Stunting.

“Untuk itu, pencegahan penanggulangan serta percepatan punurunan stunting di Kota Tomohon perlu dilakukan perencanaan berkualitas dan terintegrasi, demi terlaksananya kegiatan upaya percepatan pencegahan dan penurunan stunting oleh pemerintah bersama dengan pemangku kepentingan,” ujar Senduk.

Diketahui, dari data Survei Kesehatan Indonesia (SKI) Tahun 2023 pada Tingkat Nasional menunjukkan penurunan prevalensi balita stunting dari 21,6% menjadi 21,5% dan peningkatan prevalensi balita wasting dari 7,7% menjadi 8,5%. Untuk Kota Tomohon terjadi tren penurunan positif prevalensi Stunting dari 13,7% Tahun 2022 menjadi 10,5% Tahun 2023.

Selanjutnya dalam kegiatan ini Wali Kota Tomohon secara resmi me – Launching Aplikasi Mapalus yang ditandai dengan Pemukulan tetengkoren dan tambur, serta secara simbolis menyerahkan bantuan kepada anak – anak stunting di Kecamatan Tomohon Utara, serta meninjau langsung akan Posyandu Balita.

Hadiri Sekretaris Daerah Kota Tomohon, Edwin Roring, S.E., M.E., Ketua TP PKK Kota Tomohon, drg. Jeand’arc Senduk – Karundeng, Unsur Forkopimda, maupun Perwakilan BKKBN Provinsi Sulut, Ignatius Worung, Satgas TPPS Provinsi Sulut, Sonny Manabung. 

RELATED ARTICLES

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -spot_img

Most Popular

Recent Comments