Tuesday, June 18, 2024
spot_img
HomeLingkungan & KesehatanTekan Angka Stunting, Pemkot Tomohon Monev Aplikasi e-PPGBM

Tekan Angka Stunting, Pemkot Tomohon Monev Aplikasi e-PPGBM

TOMOHON – Pemerintah Kota (Pemkot) Tomohon melalui Dinas Kesehatan Daerah melaksanakan kegiatan monitoring evaluasi pengumpulan dan pelaporan data gizi terintegrasi dalam aplikasi e-PPGBM (Pencatatan dan Pelaporan Gizi Berbasis Masyarakat). Dilaksanakan di Grand Master Resort Tomohon, Senin (30/10/2023).

Kadis Kesehatan Daerah Kota Tomohon, dr. John Lumopa, M.Kes, sebagai unsur pelaksana kegiatan mengatakan, kegiatan ini dilaksanakan untuk terselenggaranya kegiatan Monitoring Evaluasi Pengumpulan dan Pelaporan Data Gizi Terintegrasi dalam aplikasi e-PPGBM.

Tujuan khusus kegiatan ini yakni teridentifikasinya data by name by address balita serta hasil penimbangan dan pengukuran di aplikasi e-PPGBM, serta teridentifikasinya data status gizi balita (stunting, wasting, underweight) di aplikasi e-PPGBM.

Peserta kegiatan para pengelola program gizi Puskesmas, pengelola program ibu Puskesmas dan para pengelola program anak Puskesmas dan Dinas Kesehatan.

Kegiatan ini berlangsung 30 – 31 Oktober 2023, dan sebagai narasumber dari Dinas Kesehatan Daerah Provinsi Sulut Wanda Pascoal sebagai pengelola program gizi.

Sementara, Wali Kota Tomohon, Caroll J. A. Senduk, S.H., melalui Asisten Pemerintahan dan Kesra Drs. O D S Mandagi yang membuka kegiatan tersebut mengatakan, dalam rangka pencegahan, penanggulangan serta percepatan penurunan stunting di Kota Tomohon perlu dilakukan perencanaan berkualitas dan terintegrasi demi terlaksananya kegiatan upaya percepatan pencegahan dan  penurunan stunting oleh pemerintah bersama dengan pemangku kepentingan.

“Pengumpulan dan pengelolaan data gizi selama ini masih ditemui permasalahan pengolahan secara manual, oleh karena itu perlu adanya pengumpulan dan pelaporan data gizi yang terintegrasi dengan aplikasi e-PPGBM Pencatatan dan Pelaporan Gizi Berbasis Masyarakat,” ujar Mandagi.

“Marilah kita secara bersama-sama memberikan sumbangan pemikiran dalam bentuk masukan dan saran untuk mengimplementasikan penurunan stunting di Kota Tomohon sehingga arah pembangunan yang kita sepakati bersama ini dapat bermanfaat dan senantiasa berpihak pada kepentingan dan kesejahteraan masyarakat Kota Tomohon yang kita cintai,” ajaknya.

RELATED ARTICLES

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -spot_img

Most Popular

Recent Comments