Friday, July 26, 2024
spot_img
HomeLingkungan & KesehatanPemkot Manado Bagikan Masker Untuk Masyarakat

Pemkot Manado Bagikan Masker Untuk Masyarakat

Penulis : Raiza Makaliwuge

MANADO – Pemerintah Kota (Pemkot) Manado, melalui Puskesmas Sario, membagikan 5.000 lembar masker bagi masyarakat, di jalan A. Yani, Sario Tumpaan, Selasa (30/04/2024), sore sekitar pukul 15.00 sampai 16.00 Wita.

“Pembagian masker mulai dilakukan kembali, untuk menolong masyarakat dari dampak erupsi Gunung Ruang, karena abu vulkanis yang juga menutupi langit Manado,” kata Kepala Puskesmas Sario, dr. Jakob Padjan, Sp.B, yang memimpin pembagian  masker di jalan.

Dia mengatakan,  masker dibagi-bagikan untuk siapa saja, baik pejalan, pengendara, pengemudi maupun penumpang kendaraan bermotor, supaya tidak banyak menghirup abu vulkanis.

Pembagian masker, kata dr. Jakob, adalah upaya pemerintah, untuk melindungi masyarakat, agar tidak sampai menderita sakit karena abu vulkanis.

Menurutnya, masker harus dipakai saat beraktivitas di luar rumah. Karena jika tak digunakan akan menyebabkan penyakit akibat menghirup abu vulkanis.

“Jadi menggunakan masker, bisa membantu siapapun terhindari dari penyakit saluran  pernafasan atas akut dan radang pada selaput mata,” kata Dokter Jakob.

Dia menambahkan, jika berlangsung lama, maka akan menyebabkan radang pada paru-paru, sehingga sangat disarankan dan diwajibkan untuk menggunakannya.

Pembagian masker dilakukannya bersama seluruh staf Puskesmas, para kepala lingkungan di Sario Tumpaan, dan yang peduli pada masyarakat setempat.

RELATED ARTICLES
- Advertisment -spot_img

Most Popular

Recent Comments