Tuesday, June 25, 2024
spot_img
HomePendidikan & KebudayaanSosialisasi Pendidikan Pemilih, KPU Tomohon Sasar Pemilih Pemula

Sosialisasi Pendidikan Pemilih, KPU Tomohon Sasar Pemilih Pemula

TOMOHON – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Tomohon melaksanakan Sosialisasi Pendidikan Pemilih bagi Pemilih Pemula dalam Penyelenggaraan Pilkada Tomohon tahun 2024, bertempat di Grand Master Tomohon, Kamis (6/6/2024).

Seiring dengan amanah Keputusan KPU no 620 tahun 2024 bahwa salah satu sasaran Sosialisasi Pendidikan Pemilih adalah Pemilih Pemula.

Ketua KPU Kota Tomohon, Albertien G. V. Pijoh menjelasakan Sosialisasi adalah proses penyampaian Informasi Pemilihan serta Pendidikan Pemilih adalah proses penyampaian Informasi Pemilihan kepada Pemilih untuk meningkatkan pengetahuan, pemahaman, dan kesadaran Pemilih tentang Pemilihan secara berkelanjutan dan berkesinambungan.

“Kami berharap kegiatan ini berdampak positif akan kemajuan demokrasi di Kota Tomohon, sekalipun pada Pemilu 2024 tingkat partisipasi pemilih di Kota Tomohon sangat signifikan dengan mencapai angka 89%, tapi tentunya kami tidak berpuas diri dan tetap berinovasi serta berupaya meningkatkan partisipasi pemilih dalam Pilkada 2024 ini,” ujar Pijoh.

Komisioner KPU Tomohon, Rojer R. Datu juga menjelaskan bahwa dalam kegiatan sosialisasi Pemilihan KPU Tomohon memaparkan dan menjelaskan materi yang memuat substansi khususnya tahapan, program, dan jadwal Pemilu atau Pemilihan, proses dan tata cara teknis penyelenggaraan Pemilihan, tugas dan wewenang KPU, KPU Provinsi, dan KPU Kabupaten/Kota, materi lain yang relevan dengan tujuan sosialisasi berupa jadwal dan tanggal pemungutan suara Pemilihan, hak dan kewajiban Pemilih dalam dalam setiap Tahapan Pemilihan dan informasi yang sesuai terhadap kondisi penyelenggaraan Pemilihan di masing-masing wilayah.

Sedangkan substansi Pendidikan Pemilih dalam kegiatan pendidikan pemilih pada Pemilihan yakni demokrasi dan partisipasi masyarakat, sistem dan tahapan Pemilu dan Pemilihan, upaya membangun sinergi dan kolaborasi dengan komunitas dan/atau kelompok, manajemen konflik dalam Pemilu dan Pemilihan, upaya menumbuhkan sikap kesukarelawanan dalam Pemilu dan Pemilihan, muatan lokal atau materi lain yang relevan dengan tujuan Pendidikan Pemilih.

Hadir sebagai Narasumber Akademis yang juga merupakan Tenaga Ahli Bawaslu RI, DR. Wenly Lolong, serta Yossi Korah yang merupakan Anggota Bawaslu Tomohon, peserta merupakan pemilih pemula yang berasal dari perwakilan 16 SMA se-Kota Tomohon.

RELATED ARTICLES

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -spot_img

Most Popular

Recent Comments