Saturday, July 13, 2024
spot_img
HomePemerintahanPemkot Tomohon Gelar Talent Pool Bagi Pejabat Administrator

Pemkot Tomohon Gelar Talent Pool Bagi Pejabat Administrator

TOMOHON – Penyelenggaraan Assessment Center (Talent Pool) bagi Pejabat Administrator di Lingkungan Pemerintah Kota Tomohon bertempat di Ruang Computer Assisted Test (CAT) Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Daerah (BKPSDMD) Kota Tomohon, Selasa (28/06/2022).

Wali Kota Tomohon Caroll J.A. Senduk, S. H dalam sambutan yang dibacakan oleh Sekretaris Daerah, Edwin Roring, SE, ME mengatakan, untuk memenuhi kebutuhan Aparatur Sipil Negara (ASN) yang profesional dalam menduduki jabatan strategis salah satu langkah strategis yang dilakukan oleh pemerintah adalah menyediakan data-data atau profil pejabat yang akan menduduki atau sedang menduduki jabatan administrator.

“Penyediaan data atau profil ini dilakukan melalui kegiatan penilaian potensi dan kompetensi pejabat administrator untuk menyusun talent pool pejabat administrator yang secara teknis akan dilaksanakan oleh BKPSDMD kota Tomohon,” ungkap Roring.

“Hasil talent pool ini akan dimanfaatkan untuk memetakan pejabat pada posisi atau jabatan yang sesuai dengan potensi dan kompetensinya atau sebagai bahan rekomendasi untuk mengikuti seleksi pada jabatan yang lebih tinggi,” tegasnya.

Ditamkannya, tujuan pelaksanaan talent pool jabatan administrator untuk mendapatkan penilaian potensi dan kompetensi serta data dan pejabat administrator yang diperlukan untuk menjadi dasar penilaian atau seleksi lebih lanjut, serta pengembangan kompetensi kepemimpinan kader yang potensial.

“Selain itu untuk mengukur kompetensi manajerial dan kompetensi teknis yang dimiliki oleh para pejabat administrator agar dapat dipetakan dalam matriks talenta, sehingga diketahui langkah pengembangan aparatur kedepannya, karena pengembangan kompetensi saja bagi asn tidak cukup, oleh karena itu harus diimbangi juga dengan potensi untuk mendapatkan hasil yang maksimal,” ujar Roring.

Diharapkan, pelaksanaan penilaian potensi dan kompetensi guna penyusunan talent pool jabatan administrator dapat memberikan manfaat baik bagi para peserta dan instansi pemerintah.

“Bagi peserta, mereka dapat merencanakan pengembangan dirinya sendiri atau merencanakan karirnya,” ucap Roring.

“Sedangkan bagi instansi pemerintah, akan memiliki database profil potensi dan kompetensi pejabat administrator. Selain itu, data talent pool dapat digunakan sebagai dasar penerapan manajemen asn yang transparan, kompetitif, dan berbasis merit serta menjadi acuan bagi pengembangan kompetensi kepemimpinan untuk perubahan birokrasi,” jelasnya.

Foto ist: Peserta yang mengikuti kegiatan.

Hadir dalam kegiatan itu, Plt. Kepala BKPSDMD Kota Tomohon Eden Kawung, tim Asesor Himpunan Psikologi Indonesia serta para pejabat administrator dari berbagai Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di lingkungan pemerintah Kota Tomohon. (**)

RELATED ARTICLES

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -spot_img

Most Popular

Recent Comments