Saturday, June 15, 2024
spot_img
HomePemerintahanWali Kota Launching Kampung Moderasi Beragama di Tomohon

Wali Kota Launching Kampung Moderasi Beragama di Tomohon

TOMOHON – Wali Kota Tomohon, Caroll J. A. Senduk, S.H., secara resmi ditandai dengan pemukulan tetengkoren Launching Kampung Moderasi Beragama di Kota Tomohon. Dengan Tema “merawat kerukunan, perkokoh semangat kebangsaan”, bertempat di Masjid Agung Al-Mujahidin Tomohon, Kelurahan Matani Tiga, Kecamatan Tomohon Selatan. Selasa (29/8/2023).

Wali Kota Tomohon mengatakan, pembentukan kampung moderasi beragama merupakan langkah positif untuk mempromosikan perdamaian, toleransi, serta menjaga kerukunan dan keberagaman di masyarakat.

“Agar mencegah terjadinya perpecahan/konflik, dan dengan adanya kampung moderasi beragama di Kota Tomohon akan mampu mencegah konflik sehingga boleh terpelihara kondisi aman dan damai dalam masyarakat serta dapat mengembangkan sikap toleransi dan saling menghormati kebebasan menjalankan ibadah sesuai dengan agama dan kepercayaan tanpa memandang perbedaan suku, bahasa dan adat istiadat orang lain,” jelas Senduk.

Sementara, Kakanwil Kemenag Provinsi Sulut melalui Kabag Tata Usaha, Basri, S.Ag., M.Pd mengatakan, program ini dicanagkan oleh Pemerintah melalui Kementerian Agama.

“Kalau kampung kita ada kedamaian tentu Negara kita Indonesia damai, dan inspirasi toleransi kerukunan tentunya dimulai dari kampung,” tutur Basri.

“Selamat atas dilaunchingnya kampung moderasi beragama di Kota Tomohon. Apresiasi kepada Pemerintah Kota Tomohon yang mendukung akan program ini sehingga terlaksana dengan baik,” ungkapnya.

Ketua Forum Komunikasi Umat Beragama (FKUB) Kota Tomohon, Pdt. Senduk G. A. Roeroe, M.Th., juga menambahkan, dengan dilaunchingnya kampung moderasi beragama di Kota Tomohon, kiranya dapat memberi semangat kepada seluruh masyarakat bagaimana menjaga kehidupan rukun dan damai sehingga di Tomohon terus ada kedamaian dan ketentraman.

Serta Kepala Kantor Kemenag Kota Tomohon, Pdt. Simon S. Rawis, S.PAK., M.PdK., mengatakan, program ini merupakan program prioritas pemerintah sebagai upaya membangun paradigma masyarakat tentang kesadaran moderasi beragama yang berbasis pada lingkungan, budaya dan kearifan lokal.

Terpantau, dilakukan penandatanganan prasasti dan penyerahan berbagai penghargaan diantaranya penghargaan kepada Wali Kota Tomohon dari dari Kantor Wilayah Kemenag Provinsi Sulut, atas bantuan kerjasama dukungan perhatian dan partisipasi dalam penyelenggaraan ibadah haji Provinsi Sulut musim haji 1444H/2023 M.

Hadir, Unsur Forkopimda Kota Tomohon bersama BIN Korwil Tomohon, para tokoh agama dan masyarakat, unsur Yayasan Al Mujahidin Tomohon, bersama Jajaran Pemkot Tomohon.

RELATED ARTICLES

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -spot_img

Most Popular

Recent Comments