Friday, July 26, 2024
spot_img
HomePemerintahanWali Kota Manado Minta Tingkatkan Kopentensi dan Profesionalitas untuk Menunjang Tupoksi Abdi...

Wali Kota Manado Minta Tingkatkan Kopentensi dan Profesionalitas untuk Menunjang Tupoksi Abdi Negara

Penulis : Raiza Makaliwuge

MANADO – Wali Kota Manado menghadiri sekaligus menjadi Inpektur Upacara Hari Ulang Tahun ke-74 SatPol PP dan Ke-62 Satlinmas Kota Manado, di Lapangan Sparta Tikala Manado, Jumat (8/3/2024).

Wali Kota Manado Andrei Angouw, saat membacakan sambutan Menteri Dalam Negeri mengatakan, melalui momentum rangkaian perayaan hari jadi Satpol PP dan Satlinmas tahun ini, pihaknya berharap kualitas pelaksanaan tugas sebagai abdi negara, abdi masyarakat dan abdi pemerintah dapat terus ditingkatkan dengan semangat, kompetensi dan profesionalitas yang semakin mumpuni guna menunjang tugas pokok serta fungsi operasional di lapangan.

Peran strategis Satpol PP dalam menciptakan situasi yang kondusif telah dibuktikan pada saat pelaksanaan tahapan pemilihan Presiden dan Wakil Presiden serta pemilihan legislatif yang telah dilaksanakan pada tanggal 14 Februari 2024 yang lalu.
Satpol PP menjadi salah satu faktor penting dalam mendukung keberhasilan penyelenggaraan pemilu melalui penertiban Alat Peraga Kampanye (APK), Distribusi Logistik dan hal teknis pendukung lainnya.

“Saya berharap Satpol PP dan Satlinmas dapat bekerja sama dan bersinergi dengan TNI/Polri untuk turut serta menjaga stabilitas keamanan, khususnya pasca pemungkutan suara yang berpotensi dapat menimbulkan konflik. Adapun ancaman faktual pada masa penghitungan suara adalah penolakan hasil pemilu, provokasi terhadap hasil-hasil pemilu, kerusuhan massa, serta teror dan sabotase,”kata Wali Kota dalam kutipan sambutan Mendagri.

Pada kesempatan yang berbahagia ini, dirinya juga ingin mengingatkan beberapa hal kepada seluruh anggota Satpol PP dan Satlinmas, yakni:

Pertama, tingkatkan kesiapsiagaan dalam menciptakan suasana aman dan tertib dalam mendukung pelaksanaan Pilkada Serentak Tahun 2024.

Kedua, Terus berkoordinasi serta berkolaborasi bersama dengan TNI/Polri dan Forkopimda Melakukan pemantauan terhadap harga bahan pokok untuk memastikan kecukupan stok dan stabilitas harga, serta ketersediaan BBM, terutama dalam
menghadapi Ramadhan dan Idul Fitri 1445 H:
Ketiga, Tingkatkan professionalisme serta kapasitas aparatur, dalam urusan ketenteraman, ketertiban umum dan pelindungan masyarakat sebagai salah satu urusan wajib pelayanan dasar.

Pada kegiatan tersebut Wali Kota Andrei Angouw juga menyerahkan Piagam atas bantuan kerjasama yang baik dan peran serta aktif dalam kegiatan penegakkan peraturan daerah dan pelaksanaan penegakkan tindak pidana ringan di Kota Manado.

Penghargaan ini juga diserahkan kepada Dandim 1309 Manado, Kapolresta Manado, Dandenpom XIII/I Manado, Danpom Lantamal VIII, Kepala Kejaksaan Negeri Manado, Ketua Pengadilan Negeri Manado, serta penyerahan piagam penghargaan dan tanda jasa kehormatan Satya Lencana Karya Satya Masa Bakti 30 Tahun, kepada Kepala Satuan Polisi Pamong Praja Kota Manado, Bpk. Yohanis Waworuntu, S.E.,M.Si.

Turut Hadir dalam upacara tersebut, Wakil Walikota dr. Richard Sualang, Sekda Dr Micler Lakat, SH, MH, Forkopimda Manado, para asisten, kepala SKPD, Staf Ahli, Para Kabag dan Camat, staf khusus Wali Kota dan para undangan lainnya.

RELATED ARTICLES
- Advertisment -spot_img

Most Popular

Recent Comments